Rabu, 14 November 2012

Fadhilah Doa Awal dan Akhir Tahun


الدعاء اخير تاهون
Fadhilah Doa Akhir Tahun
Doa akhir tahun dibaca pada akhir waktu Ashar tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah sebanyak tiga kali. Dengan seizin Allah SWT, orang yang berdoa akhir tahun mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari fitnah dan tipu daya syeitan serta pengampunan dari semua dosa selama setahun kebelakang. Berikut ini doanya.

بِسْـــــــمِ اللهِ الرَّحْمَـــــــــنِ الرَّحِيْــــــــمِ
اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَصَلـَّى اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـَـى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْنَا فِيْ هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنَا عَنْهُ، فَلَمْ نَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيْنَا بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَـــى عُقُوْبَتِنَا وَدَعَوْتَنَا اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاَتِنَا عَلىَ مَعْصِيَتِكَ فَإِنَّا نَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلَنَا بِفَضْلِكَ، وَمَا عَمِلْنَا فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنَا عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَنَسْئَلُكَ، أَللَّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَالْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنَّا وَلَا تَقْطَعْ رَجَآءَنَا مِنْكَ يَاكَرِيْمُ. وَصَلـَّى اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـَـى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. (٣ (x

Artinya:
“Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam. Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Wahai Allah, segala apa yang telah kami kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak ridlo dan tidak pula melupakannya, dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberi siksa kepada kami,  dan Engkau telah mengajak kami bertaubat sesudah melakukan maksiyat. Karena itulah Ya Allah, kami mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada kami dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah kami kerjakan selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, maka kami mohon kepada-Mu, Ya Allah Wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran  dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, Wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Dan Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam.”

الدعاء اوال تاهون
Fadhilah Doa Awal Tahun
Fadhilah doa awal tahun adalah membentengi diri dari gangguan syeitan. Barang siapa membaca doa ini sebanyak tiga kali, setelah sholat Rowatib Ba’diyyah Maghrib pada malam tanggal 1 Muharrom, maka Allah SWT memrintahkan dua malaikat untuk melindunginya dari fitnah dan tipu daya syeitan selama setahun yang akan datang. Berikut ini doanya.

بِسْـــــــمِ اللهِ الرَّحْمَـــــــــنِ الرَّحِيْــــــــمِ
اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَصَلـَّى اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـَـى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. أَللَّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَـدِيْمُ الْأَوَّلُ وَعَلـَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ وَهَذَا عَـامٌ جَدِيْدٌ قَـدْ أَقْبَلَ نَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِـنَ الشَّيْطَانَ وَأَوْلِيَآئِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلىَ هَذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالْإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنَآإِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَاْلجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ يَآأَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ. وصَلـَّى اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـَـى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. (٣ (x
  
Artinya:
“Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam. Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Wahai Allah, Engkau Dzat Yang Kekal Abadi, Maha Dahulu dan Maha Awal, dan dengan Anugerah-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang dibutuhkan. Ini tahun baru telah tiba, (karena itu, wahai Allah) kami mohon kepada-Mu penjagaan sepanjang tahun ini dari syeitan, kekasih dan bala tentaranya, dan berilah pertolongan untuk menghindarkan diri dari nafsu yang mengajak melakukan kejahatan. Dan bimbinglah kami dengan segala pekerjaan yang dapat mendekatkan saya kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya, wahai Dzat Yang Memiliki Kebesaran dan Kemuliaan. Dan semoga rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Muhammad, keluarganya dan sahabatnya. Dan Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam.”

                                                                                                Surabaya,        14 Nopember 2012 M
                                                01 Muharrom 1434 H  

1 komentar:

  1. Ternyata ada yang berbeda pendapat juga ttg

    Hukum Tentang Apa yang Dikenal dengan Do’a Akhir Tahun
    SOAL:

    بسم الله الرحمن الرحيم وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه.
    Aku ingin dari kebaikan antum untuk menampakkan pendapat mengenai sahnya perkataan ini dan bolehnya mengamalkannya, yaitu do’a akhir tahun. Pada akhir hari setiap tahun berwudhu dan shalat sunnat dua raka’at waktu dhuha kemudian berdoa dengan do’a ini:

    Dengan nama Allah yang Maha Rahman dan Maha Rahim. Shalawat dan salam atas sayyidina Muhammad dan atas keluarganya dan sahabatnya. Ya Allah, apa yang Engkau ketahui pada tahun ini dari apa yang Engkau larang padaku darinya lalu aku belum bertaubat darinya dan Engkau belum meridhoinya, dan aku telah melupakannya sedang Engkau tidak melupakannya dan kemurahan hatiMu atasku setelah kekuasaanMu untuk menyiksaku dan ajakanMu padaku untuk bertaubat setelah keberanianku atas bermaksiat kepadaMu maka sesungguhnya akau minta ampun kepadaMu, maka ampunilah aku dengan keutamaan-Mu. Dan apa yang aku kerjakan pada tahun ini dari apa yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan atasnya pahala, maka aku minta kepadaMu ya Allah Ya kariem, ya Dzal Jalali wal Ikram untuk mengabulkanku, dan jangan Engkau putuskan harapanku dariMu ya Kariem. Shalawat dan salam atas sayyidina Muhammad dan keluarganya serta sahabatnya.

    Dikerjakan seperti itu setelah tergelincirnya matahari, kemudian sebelum shalat ashar. Dengan demikian berdoa pada hari ini tiga kali. Apabila dikerjakan yang demikian maka menjadikan syaitan berkata; kami telah berpayah-payah beserta orang ini sepanjang tahun, lalu susah-payahku (sepanjang tahun) itu dirusak dalam satu saat (saja).

    FATWA:

    Al-hamdu lillah. Shalawat dan salam atas Rasulillah, dan atas keluarganya dan sahabatnya.

    Amma ba’du (setelah yang demikian) maka sungguh sebagian perkataan ini terdapat di kitab-kitab yang tidak mementingkan keshahihan hadits, seperti kitab Hasyiyah As-Syaikh Kanun ‘ala al-Banani. Telah kami teliti mengenai umumnya kitab-kitab As-Sunnah maka tidak kami dapati padanya satu dzikir pun. Maka yang benar adalah menjauhi dari do’a akhir tahun tersebut, karena sesungguhnya setiap bid’ah (ciptaan baru dalam agama) adalah sesat. Sedangkan kebaikan itu semuanya dalam ittiba’ (mengikuti Rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam), dan keburukan itu semuanya dalam ibtida’ (bid’ah, ciptaan baru dalam agama).

    Wallahu a’lam.

    Mufti markaz Al-fatwa dengan bimbingan Dr Abdullah Al-Faqih. (Fatawa ashShabakah Al-Islamiyah, juz 115/ halaman 39/ islamweb, رقم الفتوى : 45049).

    ***
    Sumber
    http://www.nahimunkar.com/hukum-doa-akhir-tahun/

    BalasHapus